Archives

All posts for the month September, 2015

Surga

Published September 3, 2015 by difiya3589

Jadi teringat beberapa hari lalu. Ceritanya saya sedang berdiskusi ringan dengan seseorang. Saat itu beliau bilang, kalo suaminya memondokkan anaknya agar anaknya menderita, begitu katanya. Iya, menderita, karena denga menderita dulu akan lebih bersyukur, ya kurang lebih begitu lah. Kita pake jilbab, menderita, emangnya enak pake jilbab, gerah, panas, begitu katanya. (Walau saya ga sepakat dengan statement nya, toh saya bahagia dengan hijab saya insyaAllah, gq merasa menderita).

Sampailah kepada pertanyaan, coba dian, jika si A sama suaminya dian, ganteng mana?, (ya suami saya laah). Masa? Jangan sampe hati sama mulut beda. (Jleb 1). Insya Allah sama, jawab saya. Terus ditanya lagi, dian lebih suka gayanya si B atau
suami dian? Ya suami saya lah. Yakin? Si B mobilnya banyak loh. (So what gitu looh). InsyaAllah saya lebih suka gaya suami saya. Toh banyak mobil belum tentu masuk surga. Emang dian pernah ke surga?.( Ya belom sih, tapi kan kalo taat sama suami insyaAllah balasannya Syurga).

Dan selanjutnya seperti.. seperti.. seperti apa ya rasanya waktu.. pokoknya saya ditausiyahin lah ya. Jangan sombong! Emang pasti masuk syurga?? (Cuma bisa diem..  lagian kan saya ga bilang kalo saya pasti masuk surga, saya cuma bilang, banyak mobil belum tentu masuk surga. -_-‘). Kita tuh jangan ngerasa pasti masuk surga, takabur kita, kita tuh di cuci dulu di neraka. (Asragfirullaaah)

Allah memang punya maksud dari setiap kejadian dalam kehidupan kita. Disatu sisi saya jengkel karena disalahpahami, mbok ya saya cuma mau pilih suami saya kenapa mesti diintimidasi. Terus saya dikira sombong, ngerasa pasti bakal masuk surga (padahal saya kan ga bilang gitu). Hiks hiks.. tapi ada satu sisi yang akan saya ambil hikmah nya.

Pertama, mungkin orang lain akan salah paham dengan apa yang kita maksud, kalo kata pak suami, frekuensinya ga sama, jadi ga nyambung.Ya begitupun kita hidup, ada orang orang yang sefrekuensi dengan kita, kadang ga pake ngomong aja, cuma denfan bahasa isyarat kita bisa saling ngerti. Itu yang saya alami dengan sahabat dan orang terdekat saya. Kedua, mungkin emang teguran Allah, astagfirullaah…hamba mohon ampun ya Allah, kalo dalam hati terbersit rasa sombong sekecil apapun, kadang merasa lebih baik dari si A, merasa amalan lebih banyak dari si B, merasa lebih ini dan itu, padahaaal, belum tentu dimata Allah apa apa yang kita kerjakan Allah terima, dan berbuah syurga, toh kita juga masuk surga bukan karena amal kita, tapi karena sayangnya Allah sama hamba hamba nya.

Hamba berlindunga kepadaMu ya Rabb dari godaan syaithan, atas sifat sombong yang bahkan kadang cuma melintas.. jauhkan kami dari sifat iblis tersebut ta Allaah. Sifat yang menyebabkan iblis terusir dari Surga.

Advertisements

Rumah Main Anak

Published September 2, 2015 by difiya3589

Dunia anak anak itu memang dunia bermain, bahkan belajar nya anak anak itu ya lewat bermain. Sekitar 3 pekan lalu saya ikutan gabung di grup ibu ibu yang nama grup nya ” Rumah Main Anak”, isinya ibu ibu yang semangat belajar untuk mencari cara menstimulus anak lewat bermain. Hehe..yaaa..kurang lebih begitu lah..soalnya saya kan bingung ya, nyari tau apa sih permainan yang bisa melatih motorik halus, kasar, kecerdasan kognitif anak, dan hal hal laim terkait perkembangan anak.

Dulu sih saya mikirnya, toh saya dari kecil mainnya bebas aja tuh, terserah, natural aja gitu, ga ada tuh dibuatin mainan ini itu, toh akhirnya saya bisa tetap hidup. Hihi. Tapi ya setelah dipikir pikir, eranya saya kecil, sama era nya ayyasha kan beda, kalo bukan kita yang mengarahkan, siapa lagi cobaaa..(eciee..kaya iklan). Saya juga typical yg bingung nyari referensi dari buku (read : malas baca buku, jangan ditiru). Soalnya saya bingung, mau baca tentang ini baca buku apa ya??siapa yang ngarang ya??beli dimana ya??. Akhirnya saya cari yg praktis tapi bermanfaat banget, ya ikutan grup grup emak emak begini deh.

Alhamdulillah, dapet ilmu sedikit demi sedikit. Saya jadi tahu tentang perkembangan anak, mulai dari perkembangan motorik halus, kasar, kecerdasan kognitif dan kecerdasan bahasa pada anak. Setidaknya itu ilmu yang sepekan ini saya dapatkan. Naah..ini mau sedikit share aja, permainan yang udah saya mainin sama Ayyasha, bareng kaka icha dan abang nawal juga sih..

image

image

image

Permainannya sangat simple, hanya memanfaatkan apa yang ada dirumah. Yang pertama itu masukkam sedotan. Kebetulan dirumah itu sterofoam bekas tv, terus kan beli sapu lidi, ternyata pas iketannya copot, banyak lidi2 kecilnya gitu, (kalo yang ini kita ketipu nih ama tukang sapu lidi, wkwkw), naah..terus pas lagi ke warung beli sedotan harganya 2 ribuan. Jadi lidi di tusukkin ke sterofoam, berjejer gitu, ini yang nusuk2 lidinya, ayyasha dibantu ayah sama bunda, terus sedotannya dimasukkin deh ke lidi. Simple kan, Ayyasha serius bgt mainin games ini.

Yang kedua itu, “Masukkan paperclips”. Kebetulan pas lagi beberes ada paperclips warna warni, langsung kepikiran buat dijadiin games ayyasha. Terus ada kaleng bekas chips gitu. Taraaa…jadi deh mainan nya ayyasha. Paperclips diaur2 di karpet (halaah..ini bahasanya apa deh, haha), naaah..ayyasha masukin satu paperclips nya, sambil dihitung, sambil dikasih tau warna nya. Buat kita orang dewasa ini mah ganciiil..tapi buat ayyasha, ambil paperclips di karpet itu sesuatu banget, haha, dia sampe gemes mungutin paperclipsnya.

Naah.. kedua permainan ini manfaatnya hampir sama, untuk melatih motorik halus anak, terutama jari jari anak, melatih kesabaran anak, melatih koordinasi mata dan tangan, mengenalkan warna dan mengenalkan berhitung (walaupun ayyasha ngitungnya cuma satu sampe tiga, terus dia langsung tepuk tangan,haha, atu uwa iga, prok prok prok :-D)

Oiya, kebetulan di grup ada yang bikin menggambar 3D, akhirnya pas lagi ngajak ayyasha jalan jalan sama kaka icha dan abang nawal, terinspirasilah buat ngajak mereka berdua menggambar 3D, ayyasha mah cuma coret2 kertas kerjaannya, hehe, soalnya belum bisa. Menggambar 3D itu memggunakan daun beneran, daunnya metik di depam rumah icha, hehe, daun belimbing. Naah.. pertama saya gambarin dahan dan rantingnya, terus mereka tinggal tempel tempel daunnya deh. Simple kan. Terus ditambahin hiasan awan, matahari, rumput sama kupu-kupu, pake kertas warna yang ditempel.Nahh..ini kegiatan menggambar 3D abang nawal dan kaka icha.

image

Naah..segitu aja dulu deh sharing nya. Ini emaknya harus belajar kreatif ngajak main bocah bocah. Kebetulan saya ngajar juga, jadi paling ngajak mainnya, sore, malem, atau pas weekend. Semoga terus semangat belajar yaaaa…doakan sayaaa..