Guru bangsa HOS Tjokroaminoto

Published April 17, 2015 by difiya3589

Kemarin baru muncul premier film Tjokroaminoto, belum nonto sih, tapi lihat beberapa ulasan tentang film ini, jadi penasaran seperti apa sih tokoh yang katanya guru bangsa ini. Akhirnya berselancarlah mencari cari seperti apa sosok beliau, dan saya baru tau kalo ternyata beliau gurunya Soekarno, tadinya saya pikir beliau seangkatan gitu sama Soekarno, tenyata beliau gurunya.

Akhir akhir ini sebenernya saya lagi galau super dewa, halaaah..bahasanya,,hihihi. Etapi ini beneran, jadi tuh saya merasa akhir akhir ini kurang semangat gitu kalau ngajar. Dulu sebelumnya, kalo saya ngajar di kelas internasional, anak anak tuh yang ngerasa butuh buat dapet ilmu, karena emang mereka ngejar buat exam Cambridge. Tapi pas ngajar sekarang tuh, mau saya ngajar sampe suara abis tetep wae mereka kaya ga semangat, dan ga ngerti apa yang saya ajarin. Saya merasa jadi guru yang gagal..hiks

Akhirnya saya menemukan sesosok guru yang inspiratif, beliau sekarang sedang melanjutkan master degree di UK. ini link nya kalo mau tau lebih lanjut tentang beliau, http://www.prasetyo.uk/public/index.php, Hari Prasetyo. saya sebenernya belum tau banyak tentang beliau karena baru baca tulisan tulisannya aja, tapi kalo baca tulisannya keliatan banget perjuangan beliau di dunia pendidikan.

Naah,,balik ke sosok eyang Tjokro. Ketika saya cari cari tentang sosok beliau, ternyata beliau adalah sosok yang tauhidnya sangat kuat, dikatakan bahwa pemahaman tentang tauhid lah yang membuat beliau mengerti arti persamaan dan arti persaudaraan. Beliau juga dijuluki raja tanpa mahkota, karena pengikut beliau buanyak sekali, dan beliau adalah orang yang berani melawan belanda, padahal saat itu kan masyarakat masih nggeh banget gitu sama belanda. Beliau dijuluki raja tanpa mahkota bukan karena beliau keturunan darah biru, tapi karena pemikiran pemikirannya. Beliau mengatakan bahwa hal penting untuk merubah seseorang adalah pendidikan. Yap..pendidikan, bahkan beliau bilang wajib belajar 15 tahun. Keren banget kan, bahkan disaat kita masih wajib belajar 12 tahun, beliau merasa wajibnya harus 15 tahun.

Dengan pendidikan, wawasan kita akan luas, beliau itu pemikirannya jauh melampaui zamannya. Bayangkan saja, 100 tahun yang lalu, Indonesia itu belum ada, tapi beliau berpikir jauuuuh kedepan. Beliau menjadikan rumah kos kosan beliau sebagai rumah dialog, yaah,,seperti rumah peradaban gitu. keren ya. beliau sosok yang tidak memaksakan kehendak dan pemikiran beliau kepadan murid-muridnya. Oiya, ternyata muridnya beliau itu Soekarno, Semaoen, Musso dan Juga kartosuwiryo. Dari yang nasionalis, yang kiri abis sampai yang kanan mentok, hehe.

Yang buat saya kagum juga dengan sosok ini, kata Pak Anis baswedan, Eyang Tjokro ini adalah sosok seorang yang mengajar, mendidik, menginspirasi, bahkan lebih dari itu, beliau adalah sosok yang menggerakkan. Ya Allaaaaah…jaman sekarang saya susah bener ketemu sosok guru macam beliau. Di saat saya, sekarang merasa mbok ya saya ngajar kayanya ga guna banget dimata murid murid saya, kayanya ada ga ada saya mereka biasa biasa aja, yaa,, paling sebagian kecil sih yang seneng saya ajarin, itu juga karena mereka dari sananya udah seneng belajar.

Naaah.. sosok eyang Tjokro ini bisa dikatakan luar biasa, siapa yang bertemu dengan nya bisa langsung tersengat untuk melakukan kebaikan. Misalnya sosok seorang Natsir muda, yang hanya sempat berbincang 20-30 menit di kereta, tapi dengan berdialog bersama sosok Tjokro, Natsir muda langsung terbuka wawasannya, jadi berpikir tentang bangsa dan jadilah seperti tokoh Natsir yang kita kenal. Subhanallah ya.

Ya Allaaah.. semoga Engkau tetap ridhk menghadirkan guru seperti beliau di negeri ini. Semoga saya bisa mencontoh kebaikan seorang Tjokroaminoto. gimana dengan kamj?

Advertisements

One comment on “Guru bangsa HOS Tjokroaminoto

  • Dear ibu Dian, salam kenal bu Dian. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya yang di wordpress ya bu mohon maaf ya bu karena saya baru membalas komen ibu disana karena saya sudah lama belun menengok blog saya yang itu. Oh iya saya juga sudah membalas pesan ibu yang ibu tinggalkan di website baru saya melalui email. Semoga ibu telah menerimanya. Tetap semangat ya bu.

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: