Archives

All posts for the month April, 2015

Guru bangsa HOS Tjokroaminoto

Published April 17, 2015 by difiya3589

Kemarin baru muncul premier film Tjokroaminoto, belum nonto sih, tapi lihat beberapa ulasan tentang film ini, jadi penasaran seperti apa sih tokoh yang katanya guru bangsa ini. Akhirnya berselancarlah mencari cari seperti apa sosok beliau, dan saya baru tau kalo ternyata beliau gurunya Soekarno, tadinya saya pikir beliau seangkatan gitu sama Soekarno, tenyata beliau gurunya.

Akhir akhir ini sebenernya saya lagi galau super dewa, halaaah..bahasanya,,hihihi. Etapi ini beneran, jadi tuh saya merasa akhir akhir ini kurang semangat gitu kalau ngajar. Dulu sebelumnya, kalo saya ngajar di kelas internasional, anak anak tuh yang ngerasa butuh buat dapet ilmu, karena emang mereka ngejar buat exam Cambridge. Tapi pas ngajar sekarang tuh, mau saya ngajar sampe suara abis tetep wae mereka kaya ga semangat, dan ga ngerti apa yang saya ajarin. Saya merasa jadi guru yang gagal..hiks

Akhirnya saya menemukan sesosok guru yang inspiratif, beliau sekarang sedang melanjutkan master degree di UK. ini link nya kalo mau tau lebih lanjut tentang beliau, http://www.prasetyo.uk/public/index.php, Hari Prasetyo. saya sebenernya belum tau banyak tentang beliau karena baru baca tulisan tulisannya aja, tapi kalo baca tulisannya keliatan banget perjuangan beliau di dunia pendidikan.

Naah,,balik ke sosok eyang Tjokro. Ketika saya cari cari tentang sosok beliau, ternyata beliau adalah sosok yang tauhidnya sangat kuat, dikatakan bahwa pemahaman tentang tauhid lah yang membuat beliau mengerti arti persamaan dan arti persaudaraan. Beliau juga dijuluki raja tanpa mahkota, karena pengikut beliau buanyak sekali, dan beliau adalah orang yang berani melawan belanda, padahal saat itu kan masyarakat masih nggeh banget gitu sama belanda. Beliau dijuluki raja tanpa mahkota bukan karena beliau keturunan darah biru, tapi karena pemikiran pemikirannya. Beliau mengatakan bahwa hal penting untuk merubah seseorang adalah pendidikan. Yap..pendidikan, bahkan beliau bilang wajib belajar 15 tahun. Keren banget kan, bahkan disaat kita masih wajib belajar 12 tahun, beliau merasa wajibnya harus 15 tahun.

Dengan pendidikan, wawasan kita akan luas, beliau itu pemikirannya jauh melampaui zamannya. Bayangkan saja, 100 tahun yang lalu, Indonesia itu belum ada, tapi beliau berpikir jauuuuh kedepan. Beliau menjadikan rumah kos kosan beliau sebagai rumah dialog, yaah,,seperti rumah peradaban gitu. keren ya. beliau sosok yang tidak memaksakan kehendak dan pemikiran beliau kepadan murid-muridnya. Oiya, ternyata muridnya beliau itu Soekarno, Semaoen, Musso dan Juga kartosuwiryo. Dari yang nasionalis, yang kiri abis sampai yang kanan mentok, hehe.

Yang buat saya kagum juga dengan sosok ini, kata Pak Anis baswedan, Eyang Tjokro ini adalah sosok seorang yang mengajar, mendidik, menginspirasi, bahkan lebih dari itu, beliau adalah sosok yang menggerakkan. Ya Allaaaaah…jaman sekarang saya susah bener ketemu sosok guru macam beliau. Di saat saya, sekarang merasa mbok ya saya ngajar kayanya ga guna banget dimata murid murid saya, kayanya ada ga ada saya mereka biasa biasa aja, yaa,, paling sebagian kecil sih yang seneng saya ajarin, itu juga karena mereka dari sananya udah seneng belajar.

Naaah.. sosok eyang Tjokro ini bisa dikatakan luar biasa, siapa yang bertemu dengan nya bisa langsung tersengat untuk melakukan kebaikan. Misalnya sosok seorang Natsir muda, yang hanya sempat berbincang 20-30 menit di kereta, tapi dengan berdialog bersama sosok Tjokro, Natsir muda langsung terbuka wawasannya, jadi berpikir tentang bangsa dan jadilah seperti tokoh Natsir yang kita kenal. Subhanallah ya.

Ya Allaaah.. semoga Engkau tetap ridhk menghadirkan guru seperti beliau di negeri ini. Semoga saya bisa mencontoh kebaikan seorang Tjokroaminoto. gimana dengan kamj?

Maafin bunda ya nak..

Published April 9, 2015 by difiya3589

Seringkali kita, atau mungkin saya aja kali ya yang merasa “repot” karena harus ngikutin ritme anak, mau planning A tiba2 si anak tidur jadi ga jadi, atau mau ngerjain ini eeh si anak malah ga bobo2, akhirnya kerjaan ga jadi, mau ini itu si enak lagi kurang sehat jadi reschedule lagi.

Terkadang… atau bahkan mungkin sering,, bergumam.. “deek.. bobo dong, bunda mau ngoreksi nih”..”deek.. bobo ya, bunda mau bikin presentasi buat ngajar”. atau mungkin “deek.. bangun doong.. bunda mau berangkat ngajar”.

Hal hal seperti itu yang harus nya tak boleh terlintas dipikiran atau bahkan sampai keluar dari lisan. Harusnya bersyukur dan dijalani saja dengan ikhlas. Di jalani dengan gembira dan penuh dengan syukur menikmati segala ritme hidup yang Allah berikan.

Adalah saya, ibu beranak satu yang  juga guru honor di sebuah SMA, sudah beberapa kali saya mengajukan resign, tapi qodarullah masih menakdirkan saya bertahan di sekolah ini, sekolah yang juga menghantarkan saya sampai ke bangku kuliah dengan almamater jaket kuning.

Naaak.. bunda minta maaf, harus melibatkanmu hampir di setiap aktivitas bunda. Sejak dalam kandungan, kamu sudah aktif mengajar bareng bunda, diiringi muntah muntah yang ga berhenti sampai usia kandungan 9 bulan, bahkan sampai ada murid bunda yang bilang, ” miss, apa kita perlu sediain plastik atau ember buat miss muntah, biar ga bolak balik ke belakang?”. Kadang bunda cuma bisa tidur di sofa office KI dari pagi sampai siang. Bagaimanapun payahnya kondisi bunda hamil, kita tetap ke sekolah berdua nak, sampai 8 bulan usia mu di perut bunda, bunda juga tetep bawa motor sendiri, bahkan kadang boncengin tante sweety.

Makasih ya ayyasha shalihah, kesayangan bunda. Ketika usia mu 3 bulan sudah bunda ajak ke sekolah, siapapun yang ada di office KI, Maka orang itu yang menjaga kamu. kamu tetep bunda bawa, karena bunda ga mau menitipkan kamu kepada siapapun, sampai akhirnya sekitar 2 bulan nenek yang menjagamu, tapi bunda selalu pulang ketika ga ada jam ngajar, siapa coba yang mau ninggalin bayi lucu kaya kamu naaak.

Ikut bunda ngajar, bahkan sampai ada Ayyasha’s kingdom di sekolah, kadang bunda gendong full dr pagi sampai sore, ini rasanya pundak mau copot, kadang bunda taro meja, kadang juga ada murid bunda yang mangku kamu nak, kamu punya baby sitter banyak di sekolah. Kadang suka ga tega, bangunin ayyasha gelap gelap, langsung mandiin, udah berangkat naik motor dengan suasana jakarta yang masih dingin di pagi hari. kadang juga suka ga tega.kamu cuma tidur beralaskan karpet puzzle naak.

image

image

yang ini di “aquarium” KI

image

ini ayyasha lagi main sama buku di perpustakaan.

image

Ayyasha sayang, Shalihah, ketika usia 7 bulan, disaat kamu mulai ceriwis, bunda udah ga bisa bawa kamu ngajar nak, suara kita saingan,hehe, saat bunda jelasin integral, kamu ikutan bubling,hehe, akhirnya kamu pun harus bunda “rumahkan”. Rasanya ga tenang nitipin kamu ke pengasuh tanpa ada orang yg bunda percaya, akhirnya jatuhlah pilihan itu ke Umi, dengan seorang pengasuh, kamu tetep bunda titipkan ke umi, agar tetap bisa diawasi. Kamu pun dengan riang pagi hari bunda anter ke rumah ummi dan sore hari bunda jemput. Betapa senangnya kamu saat bunda pulang, ada kangen yang membuncah ya nak?, samaa…bunda jugaa.. seharian ngajar di sekolah. Apalagi kalo di sekolah lagi ada masalah..hikss.. rasanya mau pulang aja main sama ayyashaa..

Maafin bunda ya nak, selalu melibatkan Ayyasha di setiap aktivitas bunda, semoga engkau belajar, apa itu perjuangan dan pengorbanan. Semoga kelak saat dewasa engkau akan gigih memperjuangkan impianmu.

image

senangnya Ayyasha pas bunda jemput di rumah ummi.

image

abi, ummi, om baim, abang nawal, kaka icha.

image

ini aktivitas dede dirumah ummi, bantuin ummi ngajar ngaji.

image

Ayyasha sama keluarga bunda di sekolah.. yang paling kanan itu baby sitter..wkwkwkwk

Terima kasih nak, telah berbagi waktumu untuk murid2 bunda, memberikan kesempatan bunda untuk mengamalkan ilmu bunda, agar menjadi jariyah, modal untuk kita berkumpul di Syurga. Semoga kelak engkau jadi seseorang yang dermawan, ikhlas berbagi.

Terima kasih Allah, mengirimkan orang orang baik di sekeliling Ayyasha. Hamba mohon penjagaanMU kepada puteri kecil kami, disaat penjagaan kami tak sampai kepadanya. Agar Engkau senantiasa menjaganya dalam ketaatan dan ketaqwaan kepadaMU. Yaa..Khayrul Hafizhiiin..

Salju di Cengkareng

Published April 6, 2015 by difiya3589

Beuuuh..sebenernya udah buat tulisan dari 2 hari yang lalu. cuma karena masalah teknis jadinya fa bisa ke upload. dan biasalah.. penyakit nya saya kalo tulisan gagal upload jadi males nulis ulang. wkwkwk

hmm.. salju do cengkareng? kok bisa, itu sebelah mana nya chicago yak? wkwkwk.. ga ding.. ini masih di indonesia kok, di jakarta barat, deket ancol kesanaan dikit lagi. Jadi ceritanya ada lah orang Indonesia yang bikin wisata salju keliling. what? keliling? iya bener keliling. kaya pasar malam di jakarta yang lokasinya juga pindah pindah gitu. Sang owner usaha ini udah keliling mulai dari jakarta, bekasi, bandung, medan, kalimantan, bahkan sampai ke singapura dan malaysia.

Untuk kali ini, lokasinya di palm paradise, Cengkareng. Untuk tiket, 60 ribu buat anak anak dan 70 ribu buat dewasa. waktu bukanya mulai jam 11. Pas saya dateng sebenernya agak weird gitu sama tempatnya, soalnya persis kaya wahana rumah hantu di pasar malam, wkwkwk. cuma tenda tenda terus ditutupin baliho sama spanduk sponsor gitu. jadi ga gitu menarik depannya.

Nah..tibalah pas mau masuk ke tempatnya, masyaAllaaah.. pas pintu dibukaaaa, udah kaya masuk kulkas. duingiiiiiin bangeeet bbrrrr… kata petugas suhunya sampe -15 derajat celcius. Pas masuk itu ada suara mesin yang cukup kenceng, kayanya sih mesin nya ini sejenis mesin di kulkas yang bisa menurunkan suhu ruangan, ditambah bisa nyiptain efek angin, jadi bikin salju nya terbang terbang gitu.

Naah.. kita bisa keluar masuk wahana salju ini, pas pertama kali masuk, baru beberapa menit, langsung keluar lagi, karena ga kuat saking dingin nya. Untuk yang kedua kalinya, lebih well prepared deh. tapi mah tetep aja dingin. Nah pas ketiga kalinya baru deh, Ayyasha ga ikut masuk, dan si Ayah beli kaos kaki. karena suhu dinginnya bikin kaki beku. Nah pas masuk yang ketiga kalinya ini baru bener bener bisa menikmati bermain salju

Seru banget.. sensasi main saljunya tuh dapet. hehe..
Well.. saya mau mengucap syukur alhamdulillah sebanyak banyak nya kepada Allah atas segala nikmat yang Allah anugerahkan kepada keluarga kecil saya. Semoga suatu saat Allah mengizinkan saya dan keluarga bisa menimba ilmu di negeri 4 musim. biar bisa ngerasain main salju beneran..hehe.

image

Caraku mencintai lelaki itu

Published April 3, 2015 by difiya3589

Beberapa hari yang lalu, tiba tiba aplikasi wordpress di hape ilang..mungkin kepencet sama ayyasha. pengen nulis dr kemaren ga jadi jadi. Hmm.. mungkim ada yanh pernah baca tentang kisah suami istri dan boneka rajut? kalo ga salah saya baca dari ustad Cah. kalo ada yg belum baca kisahnya.. kira-kira begini ceritanya.. (haha..ini jadi kaya host acara kismis, kisah2 misteri, jaman saya sd..)

Ceritanya ada sepasang suami istri, saat itu sang istri sakit parag dan dia ingin membicarakan hal penting kepada suaminya. lalu dipanggil suami nya itu.

I : suamiku..mungkin usiaku sudah tidak lam lagi, ada yang ingin aku bicarakan.
S : kamu jangan bicara begitu, memang apa yang ingin kamu sampaikan?
I : tolong ambilkan kotak hitam yg ada di lemari. dan bawakan kesini ( tapi ini bukan black box nya pesawat ilang yaak..hehe)

akhirnya sang suami ambilin kotaknya. sesampai dirumah sakit.

S : memang ada apa dengan kotak ini.
I : terima kasih sudah menjadi bagian dari hidupku, sudah mebersamaiku. Bukalah kotak itu.
S : (didalm hati, maksudnya apa ini.ada 2 boneka rajut, dan uang uang segepok).
I : Dulu sebelum menikah, Aku diajarkan oleh ibuku, jika aku marah kepada suamiku, jangan sampai aku mengeluarkan emosi kemarahanku. aku diberikan sebuah alat rajut. dan beliau bilang, jika aku sedang marah kepadamu, maka buatlah sebuah boneka rajut untuk mengalihkan emosiku.
S : (masih di dalam hati, alhamdulillah..bonekanya cuman dua, jadi selama bertahun tahun aku hidup bersamanya, baru 2 kali aku membuatnya marah, lalu uang itu uang apa ya?).
I : mungkin kamu bertanya2 tentang uang itu, aku mohon jika aku tiada, maka sedekahkan uang itu, jumlahnya kurang lebih seratus juta.
S : tapi dari mana kamu mendapatkan uang itu.
I : itu hasil penjualan boneka rajut.
S : dooowwwenggg $@$@

hihihi..kurang lebih begitu ceritanya, tapi itu ga mirip2 bangat lah dialognya sama tulisannya ustad Cah, tapi intinya begitulah..haha

kadang laki laki begitu, ga pekaan, beda sama perempuan yang sensian..haha apalagi kalo lagi pms. begitulah saya sebagai wanita, kadang suka esmosi jiwa juga ngadepin lelaki kesayangan saya ini( ini mah saya nya yang lebay..hihi). Si Ayah ini typical yg harus fokus, jadi kalo lagi megang hape, diajak ngomong, pasti ga bakal nyambung. disitulah kadang saya merasa sedih..hahaha. Atau banyak hal hal yang kalo dipikir pikir itu sepele sebenernya, cuma saya nya yang lebay. jadi suka kesel sendiri, jadi pundung dan bete.

Naaah.. entah sudah berapa kali saya merasakan hal itu, hal sepele yang buat saya esmosi jiwa, misalnya nih kalo nelpon ga diangkat, watsap cuma di read ga di bales, sms apalagi. di kepala tuh udah bermakar, nanti kalo ditelpon aku ga bakal angkat, ga bakal aku bales sms nya, kalo pulang aku mau diemin aja..daaaan makar makar yang lain nya..hahaha.. tapi ya tapi yaa..pas dia telpon mah ttp diangkat, pas di sms atau watsap tetep dibales, pas pulang juga tetep di sambut. kok bisa??

Jadi yaa.. saya punya catatan kebaikan suami saya tercinta, ada di hape, di blog, atau dibuku harian saya, dan pastinya di hati dan pikiran saya. Jadi kalo misalnya lagi kesel ampe ubun ubun nih. maka saya buka catatan kebaikan itu. Dan ternyata suami saya itu baiiiiiik banget. Emang bener ya peribahasa, karena nila setitik rusak susu sebelanga. ini peribahasa SD yang dulu saya ngiranya nila itu binatang macam ayam, dan sampai sekarang saya ga paham sebelanga itu kaya apa..wkwkwkw

Balik lagi ke peribahasa. naah sebagai manusia sifatnya begitu. Suami salah dikit, seakan dia fa pernah melakukan kebaikan secuil pun buat kita. Beuuh..durhaka bener ama suami begitu. Nah.. jadinya dengan catatan kebaikan suami itu, saya bakal inget inget dan ngebayangin pas saya diajak jalan jalan, pas dibelii hape baru, pas saya di bantuin nyelesaian kerjaan sekolah, dibantuin masak padahal ayah baru balik dari bandung,  bahkan saya masih inget gimana ayah selalu nyuci baju setiap hari sebelum berangkat ngantor pas saya abis lahiran ayyasha dulu, dan masih buanyaaaak lagi kebaikan suami saya buat saya.

Pas baca baca atau inget inget segala kebaikan itu biasanya saya nangis,heuheu, cengeng..wkwkw.. Betapa besar kebaikan suami saya, dan disitulah saya semakin mencintainya, bersyukur kepada Allah dan selalu mendoakan kebaikan untuk dirinya.

I love you much much much…more ayaaah.
semoga keberkahan dari Allah senantiasa menaungimu :-*

image